Kamis, 29 September 2011

QR (Quick Response) Code

Gambar 1: QR Code
QR code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh scanner secara cepat.

QR code adalah singkatan dari Quick Response code yaitu bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi yang dapat menampung informasi lebih banyak. QR code telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

QR code bisa digunakan sebagai pelambangan ID pada tiket-tiket tertentu yang dijual. Hal ini dapat mengurangi pemalsuan tiket-tiket tertentu yang dapat merugikan perusahaan. Saat melakukan pemeriksaan ID pada tiket, petugas juga tidak perlu memasukkan kode secara satu per satu. Hanya dengan menunjukkan QR code pada scanner, ID dari tiket sudah dapat diketahui dan diperiksa. Cara seperti ini tentu juga mempercepat kerja dan pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar