Senin, 24 Oktober 2011

Top 10 Mistakes in Web Design

a.    Bad Search
       http://www.beritateknologi.com/
Gambar 1 : Berita Teknologi

Fungsi pencarian pada situs ini tidak menanggulangi kesalahan ketik. Misalnya saat ingin mencari kata “acer”, tetapi kita menginputkan kata “aser”, hasil yang dikeluarkan bukan lah yang diharapkan oleh pengguna atau hanya berisi kalimat “Sorry, no posts matched your criteria”. Selain itu, fungsi pencarian pada situs ini tidak memberikan suggestion word, sehingga pengguna tidak tahu apakah yang dituliskan sudah tepat atau belum. Hasil pencarian yang diberikan disusun berdasarkan tanggal dan menampilkan semua artikel yang mengandung kata yang kita cari. Oleh karena itu banyak artikel yang tidak terkait dengan kata yang kita cari ditampilkan, sehingga membuat bingung pengguna. Total dari hasil pencarian juga tidak ditampilkan.


b.    PDF Files for Online Reading
       http://www.doocu.com/
Gambar 2: Doocu

Situs ini menyediakan artikel-artikel yang berbentuk pdf. Saat kita memilih membaca secara online, artikel yang diberikan tidak berupa teks melainkan tetap berupa pdf, sehingga pengguna akan dipaksa untuk membaca tulisan yang ukurannya lebih kecil. Selain itu, file pdf di situs ini sulit untuk dinavigasikan dan untuk membukanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

c.    Not Changing the Color of Visited Links
       http://www.vivanews.com/
Gambar 3: Viva News

Situs ini menampilkan judul dari berbagai jenis berita yang telah dikategorikan sebelumnya. Judul berita berupa link berwarna hitam, tidak berwarna biru. Saat kursor diarahkan ke judul berita tersebut, judul berubah warna menjadi merah. Ketika kita mengunjungi salah satu berita, lalu kembali lagi ke halaman utama, judul berita yang kita pilih tadi tidak berubah warna, sehingga kita tidak tahu berita mana yang sudah dibaca.

d.    Non--Scannable Text
       http://viraindo.com/
Gambar 4: Vira Jaya Komputer

Mencari sesuatu tentang komputer bisa dilakukan dengan mudah di situs ini karena hanya tinggal mengklik link yang ada di halaman utama. Namun, hasil yang ditampilkan berupa gambar yang berukuran besar dengan font yang kecil. Hal ini akan membuat pengguna jenuh dan sulit mendapatkan informasi secara akurat. Selain itu karena berupa gambar, tentu saja tidak bisa di-copy sehingga informasi yang dibutuhkan tidak bisa disalin dengan cepat. Kita harus mengetik ulang nama-nama yang sebagian besar berupa kode.



e.    Fixed Font Size
       http://www.tokobagus.com/
Gambar 5: Toko Bagus

Ukuran font dari situs ini relatif kecil dan menyulitkan pengguna berusia lanjut untuk membaca informasi dengan baik. Situs ini juga tidak menyediakan tombol untuk mengubah ukuran font. Namun, kesalahan seperti ini sebenarnya banyak terjadi di berbagai macam situs, hanya saja browser saat ini telah memberikan fasilitas untuk mengubah ukuran font dengan “ctrl +” dan “ctrl -“.

f.     Page Titles With Low Search Engine Visibility
       http://doktertechnology.com/
Gambar 6: Bireuen Notebook Center

Nama dari situs ini jarang digunakan sebagai kata kunci untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Judul dari situs ini juga mengandung kata-kata yang jarang dan tidak ada penjelasan singkat mengenai situs ini. Apabila kita menggunakan Google dan mencari kata kunci “beli laptop”, situs ini berada lebih dari halaman ke sepuluh.

g.    Anything That Looks Like an Advertisement
       http://www.courts.com.sg/
Gambar 7: Courts

Tampilan situs ini terlihat seperti kumpulan iklan-iklan, padahal konten-konten itu masih bagian dari situs itu sendiri. Ada kemungkinan pengguna akan langsung mengalihkan pandangannya ke menu bar tanpa melihat konten-konten yang ditampilkan seperti iklan itu.


h.    Violating Design Convention
       http://www.restaurantguideatlanta.com/
Gambar 8: Restaurant Guide

Situs ini tidak konsisten dalam mengatur ukuran font. Pengguna akan bingung karena tidak mengerti cara melanjutkan penjelajahannya. Selain itu apabila kita mencoba mengklik salah satu link, maka kita akan membuka halaman baru yang memiliki warna background berbeda dari halaman utama. Hal yang tidak konsisten ini akan membuat pengguna merasa takut atau malas untuk menjelajah lebih lanjut.


i.     Opening New Browser Windows
       http://www.guitartabs.com/
Gambar 9: Guitar Tabs

Tampilan dari situs ini simpel, tapi setiap kali mengklik link pada situs ini, kita akan membuka tab baru. Tab baru membuat pengguna tidak bisa menggunakan tombol untuk kembali ke halaman sebelumnya. Hal ini sangat merepotkan karena apabila ingin kembali ke halaman sebelumnya, harus berpindah tab. Padahal situs yang secara terus-menerus membuka tab baru akan membuat penuh tab bar apabila tidak segera ditutup.


j.     Not Answering Users’ Questions
       http://www.resepmasakanenak.com/
Gambar 10: Resep Makanan Enak

Saat mengunjungi situs ini, kita akan membayangkan melihat berbagai jenis gambar makanan yang tentu saja bisa diketahui resep untuk membuatnya. Namun tidak untuk situs ini, tampilan awal sudah membuat pengguna kecewa karena tidak ada satu pun gambar makanan di sini. Memang saat ditelusuri lebih lanjut, kita akan menemukan beberapa resep makanan, namun sepertinya pengguna akan lebih memilih pergi ke situs lain daripada menjelajahi situs ini lebih dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar