Senin, 24 Oktober 2011

Analisis Antarmuka Pencarian dan Hasil Pencarian

 http://www.telkom.co.id/
Gambar 1: Telkom - Halaman Utama

Antarmuka pencarian pada situs ini sudah lumayan baik, namun sebenarnya masih ada hal-hal yang akan membingungkan pengguna seperti adanya kata “Search…” yg berada dalam text box. Padahal seharusnya text box dibiarkan kosong. Selain itu tombol yang berada di sebelah kanannya seharusnya tidak berlabel “go!”. Pengguna akan bingung maksud dari label ini, seolah-olah mereka akan pergi ke suatu halaman apabila mengklik tombol ini. Label tombol pencarian seperti “go!”, “find”, “enter”, dan “cari kata kunci” atau ikon kaca pembesar, kurang bermanfaat daripada tombol yang belabel “cari” atau “search” (Mifsud, 2011).

Gambar 2: Telkom - Hasil Pencarian

Hasil pencarian situs ini tidak disusun berdasarkan relevansinya sehingga terkesan kurang jelas dalam memberikan informasi. Selain itu, meskipun sudah memiliki pendeteksi kesalahan ketik, fungsi pencarian situs ini belum menyimpan kata  kunci yang dimasukkan pengguna. Apabila ingin mengirim ulang, pengguna tidak bisa memperbaiki kata yang sebelumnya melainkan harus menulis ulang. Hasil pencarian situs ini juga tidak memiliki penjelasan mengenai judul yang ditemukan. Pada bagian yang seharusnya berisi penjelasan judul, diisi dengan judul-judul lain yang masih mengandung kata kunci pencarian. Hal ini menyebabkan banyak terjadinya duplikat penjelasan dari judul-judul yang berbeda, bahkan ada judul hasil pencarian yang berduplikat gara-gara berbeda penjelasannya.


Gambar 3: Perbaikan Antarmuka Pencarian

Gambar 4: Perbaikan Hasil pencarian


Gambar 15: Perbaikan Hasil Kosong

Daftar Pustaka
Mifsud, J. 2011. Ten Usability Guidelines for Designing the Search Interface. http://usabilitygeek.com/10-usability-guidelines-for-the-search-interface/ [24 Oktober 2011].

Userfocus. 2011. List of search usability guidelines. http://www.userfocus.co.uk/resources/searchchecklist.html [24 Oktober 2011].

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar